twitter

SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG WDIE


Jakarta, Gigi yang tanggal karena infeksi, kesehatan gigi/mulut yang buruk atau penuaan biasanya digantikan oleh gigi palsu yang bisa dibuat dari beragam bahan.
Tapi apa jadinya jika gigi pengganti ini terbuat dari cairan urine manusia? Sekelompok peneliti dari Guangzhou Institutes of Biomedicine and Health China ini memperlihatkan bahwa urine dapat digunakan sebagai salah satu sumber sel punca yang nantinya bisa tumbuh menjadi struktur seperti gigi. Dengan temuan ini peneliti berharap dapat menemukan alternatif baru untuk membuat gigi pengganti dari gigi yang tanggal. Oleh peneliti sel-sel dari urine 'ditanam' di dalam lab. Setelah terkumpul, sel-sel itu nantinya akan diubah menjadi sel punca.
Kemudian campuran sel-sel dari urin itu dan sejumlah bahan lain yang diambil dari tikus ditanamkan di dalam tubuh hewan-hewan tertentu.
 Menurut peneliti, setelah tiga minggu sekumpulan sel tersebut mulai terlihat menyerupai sebuah gigi.

"Bahkan struktur mirip gigi itu mengandung pulpa gigi, dentin, ruang untuk enamel dan organ enamel itu sendiri, kendati giginya belum 'sekeras' gigi alami," ungkap peneliti seperti dilansir BBC, Rabu (31/7/2013). Namun menanggapi studi ini, Profesor Chris Mason, seorang pakar sel punca dari University College London mengatakan bahwa urine adalah starting point yang buruk. "Bisa jadi inilah sumber sel punca yang terburuk, pertama selnya sangat sedikit dan efisiensi untuk mengubah mereka menjadi sel punca juga begitu rendah,

" terangnya. Profesor Mason memperingatkan risiko kontaminasi atau pencemarannya seperti dari bakteri-bakteri tertentu juga jauh lebih tinggi daripada sumber sel punca lainnya. "Tantangan terbesar lain yang dihadapi studi ini adalah gigi buatan mereka harus memiliki pulpa berisi saraf dan pembuluh darah yang memastikan keduanya berintegrasi untuk mendapatkan gigi permanen," tutupnya.

Sumber : Detik.com

0 komentar:

Posting Komentar